Sunday 17 March 2013

Kisah 5 Pelancong angin di Malaysia dan Singapura

Sebelum aku cerita keunikan, kelucuan, kesenangan, keletihan, dan kekesalan (paralel kan heeee) si 5 pelancong angin, marilah kita kenalan dulu...

Member of Pelancong Angin
Kiri yang pakek baju warna merah. Namanya mba vina. Dia udah kerja di bandara Sultan Mahmud Badarudin II (dia paling banyak umurnya di antara kami heeeee “maaf ya mba vina”). Yang sebelahnya itu namanya mb eka. Di malaysia, dia dapet gelar warga emas. Mau tau kenapa? Karena kalo naek transportasi selalu dapet tempat duduk (kalo lagi di transportasi umum yang banyak penumpang gak susah kami carinya tinggal liat aja dikursi ). Selain dapet julukan warga emas, Dia juga dapet julukan unyil. Tapi mba eka orang yang paling berjasa. Gimana gak berjasa dari info tentang malaysia dan singapura, tranportasi, hotel semua beliau yang cari. Yang laen tinggal manut aja heeeeeee. Yang ketiga si seksi dari palembang Rika. Kenapa dapet julukan it? Ceritanya di belakang panggung aja ya (khusus untuk orang yang berumur di atas rata-rata heeee) Keempat si medok juwitri. Kalo ngomong bahasa jawanya masih kentel. Dan terakhir si penulis dan si manis Novi.

Sejarah Pelancong Angin

Nama pelancong angin terinspirasi dari pengalaman ketemu tukang bersih WC di singapura. Sampai di singapura sekitar jam 7 pagi, langsung ke Ang mo kio niatnya mau langsung mandi di sana karena udah dari hari sebelum ke singapura gak mandi (gerah). Sesampainya di ang mo kio tengok kekanan-kekiri mencari WC dan dapatlah di sebelah kiri arah jalan keluar. Sudah dapet wc, kami masih harus nunggu karena masih pembersihan. Setelah menunggu sekitar 20 menit, pintu wc di buka dan tukang bersih wc udah nenek-nenek menyambut. Rika tanya sama si nenek kl di wc itu ada shower atau bisa mandi gak di wc sana. Tanpa di duga si nenek ngomellllllllllllllll. Isi omelan nenek kurang lebih seperti ini

•  Singapura bukan malaysia yang bisa mandi di wc
  •  Kalo mau mandi pesan hotel
  •  Kalo mau jalan-jalan harus ada uang
  • Kalo kere gak usah jalan-jalan
  • Orang indonesia pelancong angin (pelancong kere padahalkan keren heeee)
  •  Banyak orang indonesia yang seperti itu
       Setiap ada orang (yang aku liat kemaren ada orang cina, orang barat tapi bisa bahasa melayu) masuk wc dia bilang sm orang itu “ ni ada orang indonesia mau mandi di wc” Karena gak tahan lagi si warga emas (mb eka) keluar dluan gak sikat gigi lagi, si novi sambil nyanyi-nanyi biar gak setres dengerin nenek sihir sambil sikat gigi (lumayan dari pada warga emas heee), si juwitri sm rika juga gak sempet sikat gigi. Terahir mb vina yang paling betah dan lama di ruang neraka heeeeee ( sikat gigi, cuci muka sampe pakek make up dlu tuh dia) dia bilang sih mau di lama-lamain smpe nenek sihir stop ngoceh.  Ternyata bener pas mba vina sendirian di kamar mandi si nenek sihir gak ngomel. Kenapa ya? (jatuh cinta kali sama mba vina heeee....). kekesalan pun berlanjut hingga kami selesai trip di singapura tapi itu jadi cerita lucu dan pengalaman seru ketika kami di palembang. Kita mulai ceritanya yaaa....

Kebirit-biritnya persiapan

Step pertama booking tiket. Booking tiket air asia. Novi, rika dan mba Eka meeting (ciaa gayanya) di KFC . agenda pertama yang ikut orang 5 mba eka, mayang, si seksi (rika), si medok (witri) dan aku sendiri  tapi pas mendekati hari H, mayang gak bisa ikut karena keluarganya dapet musibah. Udah booking, di lanjutkan untuk persiapan pasport si seksi, medok dan aku. Mba vina sama mba eka udah buat duluan. Tanggal 4 februari medok dan aku di temani mba eka pergi ke kantor imigrasi. Aku kasih tau sedikit ya..... kalo si medok adalah temen smp aku. Kami satu desa yaitu desa fajar indah kec. Gunung megang kab. Muara Enim sumsel (heeeee lengkap kan...) jadi untuk membuat paspor, medok harus bolak-balik Muara Enim – Palembang yang memakan waktu, biaya dan tenaga. Perjuangan medok patut di acungi 4 jempol heee....
Untuk persyaratan membuat paspor yaitu:
•    Fotocopy ktp (menggunakan kertas A4, jangan di potong) dan asli
•    Fotocopy akte kelahiran dan asli
•    Fotocopy kartu keluarga dan asli
•    Fotocopy ijazah terakhir dan asli
•    fotocopy kartu mahasiswa (bagi yang mahasiswa)
•    surat keterangan orang tua (bagi yang umum)
•    matray 6000 (2)

Sampe di kantor imigrasi, langsung ambil no urut terus mnta formulir permintaan pembuatan paspor, setelah itu tinggal isi dan tunggu giliran di panggil untuk penyerahan berkas. Stelah menyerahkan berkas, kita akan di beri jadwal  kembali lagi ke kantor imigrasi untuk melakukan pembayaran (Rp 255.000,- untuk jangka waktu 10 hari) dan wawancara. Setelah wawancara 4 hari kemudian kita kembali lagi untuk pengambilan paspor. Selesaiiiiiiiii......pembuatan paspor tidak sulit kok, kamu Cuma perlu mencoba jngan lewat calo sayang duit heee... Ada cerita lucu ketika medok dan novi ambil paspor. Ternyata waktu wawancara medok gak tanda tangan. Petugasnya sibuk sendiri jadi kelupaan. Huuuuuuf jadi paspor mendok belum bisa di ambil di hari itu. Si seksi karena kondisi hepengnya lumayan dan dia punya kesibukan jadi gak bisa buat paspor bareng medok dan novi dengan terpaksa dia buat paspor lewat perantara dengan biaya sekitar Rp 700.000,- mehonggg kan cinnnn. Makanya lewat prosedur yang baik dan benar heeeee...

Next story persiapan keberangkatan

3 hari sebelum keberangkatan si novi bolak-balik ke rumah mb eka (diskusi untuk ngelimitin bajed). Dan di dapat kesimpulan prediksi bajed 6 hari di Malaysia Rp 1.200.000,- (375 MYR) dan 1 hari di Singapura Rp 316.000,- (40 SGD). Udah tuker duit, kita pun siap untuk berangkat (novi, medok n seksi tuker duitnya pas hari H heeeeee kegilaah anak muda). Jangan lupa bawak rupiah juga.

Selain persiapan di atas jangan lupa juga bording pass di internet sebelum berangkat biar gak keluar uang lagi di bandara. Mudah kok caranya kalo mau liat tiket promo, booking dan boarding pas kamu bisa buka www.airasia.com.

Semua sudah lengkap... eitzzzz jngan lupa bawak baju dan perlengkapan yang lain seperlunya aja karena muatan max 7kg. Kalo lebih dari itu harus bayar untuk bagasi.

Waktunya berangkat.......
Karena rumah kami beda-beda jadi pakek blue bird. Prediksi awal dari bukit besar ke bandarasekitar Rp 50.000,- ternyata...... Rp 100.000,- (nunggu si seksi tu lama heee tapi gak papa sudah berlalu).  Sampe di bandara nunggu si perfect mb vina, lamaaaaaaa bnget katanya naek ojek (lagi becek kali ya....). beruntungnya kami backpack sama mba vina jadi gak di cek dan gak di timbang lagi. Bisa cepett deh.... tinggal bayar tax aja.

Perjalanan dari palembang ke Kuala Lumpur sekitar 1 jam 25 menit (tips kalo punya gangguan atau sakit telinga sebaiknya ke dokter sebelum naik pesawat). Ternyata seperti itu rasanya naik pesawat kuping sakit heeeeee tapi indah banget pemandangan bumi dari atas. Kalo pakek maskapai Air Asia, mendaratnya pasti di LCCT. Gak usah takut dan bingung di sana karena papan petunjuk arahnya lengkap. Kalo di LCCT gak boleh ambil foto heeee untuk di Palembang boleh. Setelah keluar dari pesawat, ada pramugari yang menunjukkan arah ke bagian pemeriksaan paspor. Kalo gak liat pramugari tinggal ikutin aja orang yang 1 pesawat dengan kita. Mereka pasti menuju ke tempat pemeriksaan juga. Waktu di periksa cukup liat matanya dan siapin paspor. Sudah selesai di periksa, cari jalan keluar bandara. Sebelum jalan keluar ada loket pembelian tiket skybust LCCT –KL sentral 8 MYR. Sampai di KL central langsung masuk ke dalem untuk melanjutkan perjalanan ke hostel di Pasar Seni. Untuk ke pasar seni kami menggunakan LRT.
LCCT airport

Makan malam nasi goreng china di kantin bandara 5 MYR 30 sen
 Beli tiket untuk naik submarine

Caranya mudah kok, bisa pakek uang kertas dan logam, di mesin itu ada petunjuknya.
 Masukan koin di mesin itu terus pintunya terbuka

Tips: jangan sampai salah platfrom ya. Kalo salah platform bisa salah tujuan. Sebelum ke ruang tunggu seperti yang di atas, lihat dulu informasi platform (biasanya di tempel di ruangan setelah kita membeli tiket.

Tempat tunggu kereta submarine

Submarin hostel 25MYR / malam

Hari ke dua........Tujuan pertama ke central market jalan kaki 5 menit dari hostel

Selanjutnya ke masjid jamek tapi sedang renovasi jadi kami keliling jalan merdeka. Dari pasar seni naik LRT tujuan masjit jamek 1 MYR.

Next scedule.... menara kembar kembar petronas (dari pasar seni beli naik LRT 2 MYR)

Selanjutnya kita makan siang di KL central ( dari menara kembar naik LRT ke KL central 2 MYR). Tempat makan yang pas untuk backpacker di KL central terletak di soulea sentral di lantai 3.
Nasi + lele + sayur 4 MYR minum 1,50 MYR

Selesai makan, kita lanjutkan perjalanan ke batu caves naik KTM Komuter (1MYR). Dari mall tempat kita makan, belok ke kanan ikuti terus jalan itu sampai menemukan simpang 3. Di simpang 3 itu, belok kiri. Dari simpang 3 dan belok ke kiri terlihat adda jembatan. Di sanalah tempat untuk membeli tiket KTM Komuter. Lama perjalanan sekitar 1 jam.

Next......
go to Bukit Bintang. Dari batu caves ke KL Central 2MYR. Ke bukit bintang kita menggunakan LRT 2.10 MYR. Sebelum pergi ke bukit bintang kami membeli tiket KA Senandung Mutiara dengan tujuan KL Central - Butterworth untuk pergi ke Penang. setelah selesai jalan-jalan di bukit bintang, waktunya kembali ke KL Central dengan LRT 2MYR.

Setelah sampai di KL Central, kami mencari tempat untuk makan dan tempat terbaik adalah KFC karena mall soulen sentral sudah tutup. Tempat tunggu kereta menuju ke butterworth terletak di depan KFC

Paket dinner 5 MYR
Hari ke 3
Tidur malam di kereta api. Sampai di butterworth pukul 6.30.

Ikuti petunjuk arah untuk keluar dari tempat pemberhentian kereta.

Selanjutnya kita harus naik kapal very untuk menyebrang ke Penang. caranya, dari tempat kami foto di atas, kita sudah bisa lihat ada jembatan penyebrangan. Pelabuhan kapal berada selurus dengan jembatan itu. Kalau merasa bingung anda bisa tanya pada supir taksi. Tiket very 1,20 MYR.

Jalan menuju ke pelabuhan

Perjalanan menuju pulau penang sekitar 30 menit. Sesampainya di pelabuhan pulau Penang, kami sarapan nasi lemak seharga 2MYR dan minum 1MYR.

Setelah selesai sarapan, kami lanjutkan untuk mencari bus gratis. Di penang, terdapat bus gratis untuk keliling kota penang tapi terbatas jadi terkadang kita harus menunggu sedikit lama. Letak bus gratis di halte pinggir jalan. Kalau anda merasa bingung, anda bisa bertanya ke tempat informasi yang ada di gedungnya terletak di pinggir jalan.

Bus yang free ada tulisan HOP ON FREE

Setelah menemukan bus yang gratis, kami memberitahu sopir tujuan kami ke muntri (tempat penginapan). Di penang jangan takut untuk bertanya dan memberitahu sopir tujuan kita. Karena orang-orang di Penang friendly. Sesampainya di komtar kami berjalan sekitar 5 menit menuju ke hostel untuk meletakkan tas dan untungnya bisa mandi heeeee... setelah selesai mandi, kami bergegas untuk melanjutkan perjalanan. Perjalanan selanjutnya yaitu mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar kota Penang. Setelah sekitar 30 menit menunggu rapid tak muncul-muncul kami memutuskan untuk berjalan kaki. Si perfect mb vina mengajak jalan kaki ke city hall. Ternyata muter-muter karena belum tau tempatnya, padahal dekat dengan penginepan. Tips untuk backpacker banyak-banyak nanya sama penjaga hostel biar gak nyasar-nyasar kayak kami. Setelah 30 menit jalan,akhirnya menemukan City Hall.

Halte rapid

Esplanade (di sebelah kiri terdapat tempat makan)

Tempat makan di sebelah kiri Esplade (sekitar 5MYR)

City hall

Jajan di pinggir jalan

Selasai jajan, lanjutkan perjalanan untuk mencari halte rapid untuk melanjutkan perjalanan ke Kuil Kek Lok Si Tampel di Air Itam dengan menggunakan rapid no 201, 203, 204, 502 dan tarif 2MYR.

Sudah capek foto-foto kami bergegas untuk kembali ke hostel. Namun takdir berkehendak lain kami tersasar di sebuah pasar di air itam. Pengalaman itu terjadi karena supir rapid salah nyuruh turun (sedikit was-was mana tanya-tanya sama orang banyak yang gak tau muntri(alamat hostel) tapi seneng soalnya bs jajan di pasar itu).
 Si medok lagi baca peta (padahal ketakutan setengah mati...)

Karena udah kesasar di pasar, sayang kalo gak di manfaatin jadilah kami wisata kuliner.

Proses pembuatan roti tisu
Muntri’s house
Cerita kesasarnya gak Cuma sampe di situ, cerita kesasar berlanjut ketika kami udah pakek rapid menuju ke jl.Muntri. ternyata bus nggak stop di terminal komtar. 1 tempat yang kami ingat adalah pelabuhan tempat kami hari pertama menyebrang dari Butterworth ( jetty ) dan it menjadi patokan kami. Setelah kami sampai di jetty kami menyebrang dan naik hope on free. Sesampainya di hostel langsung menuju tempat tidur mb vina langsung ambil posisi menuju pulau kapuk, gak mandi lagi (bauuuu) si manis (novi) mandi terus ambil posisi juga di lanjutkan si medok. Anehnya si warga emas dan si seksi bensinnya masih full jadi mereka jalan-jalan malem di temenin penjaga hostel yeeeeeeee jalan-jalan mereka.  Pagi harinya bangun jam 9 janjinya bangun jam 7 haaaaaaaa . siap-siap terus turun ke bawah untuk sarapan. Ada cerita seru, kan si medok gak pernah makan mayones sementara sarapan pakek mayones. Warga emas iseng nyuapin si medok salad dan reaksi si medok wajah memerah, mata melotot tubuh tegap dan jakun keluar haaaaa. Dia sukanya makan ubi soalnya dia tu pelestari ke khasan indonesia heeee.

Hari ke empat di Penang...
Perjalanan pertama kita ke Wat Chayamangkalaram (sleeping budha) dan Dharmikarama Burmese Temple. Sebelum ke kedua tempat wisata kami ke Komtar terlebih dahulu untuk memesan tiket ke Malaka. Harga tiket paling murah ke malaka adalah 40MYR. Dua tempat wisata tersebut terletak di satu lokasi. Untuk menuju tempat tersebut kita bisa naik rapid no 101, 103 dan 104 (2MYR). Setelah sampai di halte, nyebrang jalan dan belok kiri tinggal ikuti jalan itu dan akan kita temukan dua tempat tersebut. Di jalan itu juga terdapat tempat yang mnyediakan air mineral dan permen free jadi jangan lupa ambil lumayan untuk pengiritan.

Selanjutnya kita ke pantai.....

Menuju ke pantai Batu Feringgi, kita pakek rapid yang benomor sama dengan ke sleeping budha (2MYR).

Selesai istirahat, tidur dan main-main air di pantai, kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Komtar. Dari pantai Batu Feringgi menuju ke Komtar 2,40 MYR. Bus ke berangkatan menuju Malaka adalah pukul 10.30 jadi kami menunggu di loket. Walaupun harga bus paling murah, tapi kualitasnya lumayan (bisa tidur nyenyak...). pukul  6.00 sampai di terminal Malaka langsung cari toilet. Setelah dapat toilet, langsung berbagi masuk (mandi dan bersih-bersih). Muka udah kembali berseri, kini waktunya perut yang harus di isi ulang. Di sekitar terminal banyak kantin dan ada juga pasar traditional. Setelah 5 menit berjalan, dapatlah kami tempat yang cocok untuk sarapan. Langsung cari posisi....

Energipun telah kembali kita lanjutkan perjalanan. Kita cari bus yang menuju ke Gedung Merah. Jangan salah naik bus biar gak salah tempat tujuan. Untuk ke Gedung Merah gunakan bus no 17.

Sampailah kita di Gedung merah. Banyak tempat wisata di sekitar gedung merah jadi tinggal jalan kaki.

Selesai keliling di sekitar tempat wisata Gedung Merah, kami bergegas untuk mencari makan siang. Setelah itu, mencari halte bus kembali ke terminal bus Malaka. Sesampainya di terminal tengok ke kanan dan ke kiri untuk mencari loket penjualan tiket ke KL Central dan dapatlah tempat pembelian tiket dengan harga 10 MYR. Tips untuk pelancong kalo mau beli oleh-oleh, belilah di Malaka atau Penang. harga barang-barang di Malaka dan Penang lebih murah dari pada di Pasar Seni.
Perjalanan dari Malak ke KL Central kurang lebih 2 jam. Sesampainya di KL Central, kami langsung naik ke lantai 3 untuk membeli tiket ke Singapura. harga tiket pulang pergi ke singapura adalah 68 MYR. Tiket sudah di tangan, kita lanjutkan untuk belanja takutnya setelah pulang dari Singapura nggak sempet lagi. Cauw ke Pasar Seni ternyata barang-barang di sana lebih mahal. Selesai belanja kami kembali ke KL Central dan nunggu kereta di depan KFC.

Hari ke Lima di Singapura....

Kereta berangkat dari KL Central pukul 23.00 dan sampai di Singapura pukul 6.00.
Seharusnya gak boleh poto di sini (untung gak kelihatan petugas)

Disinilah titik awal babak baru si Pelancong Angin...
selesai di periksa paspor dan Ktp, kita lanjutkan perjalanan ke Aang Mo Kio untuk membeli tiket Singapor  Tourist Pass seharga  20 SGD dan deposit 10 SGD (deposit dapat di ambil setelah kita puas jalan-jalan dan sebelum pukul 21.00). Singapor  Tourist Pass dapat di beli di seluruh halte MRT.

Tiket udah di genggaman kita lanjutkan tripnya. Pertama kita ke Rafles Place. Dari Ang Mo Kio naik MRT dan turun di Rafles Place. Kalo udah di Rafles Plase tinggal jalan aja untuk ke tempat wisatanya.

Selesai jalan-jalan di sekitar Reflesia Place kita pergi ke Little India untuk cari makan.

untuk ke Little India kita menggunakan MRT

Harga makan sekitar up to 3,5 USD
Selesai makan kita lanjut ke Chines and Japanese Garden.

Kita lanjutkan ke Universal Studio. Naik MRT ke Harbour Front terus masuk Mall Vivo City lantai 3. Beli tiket Sentosa Express 3.5 USD untuk PP dan turun di stasiun Waterfront.

Rasanya kaki enggan lagi untuk tersenyum jadi kita langsung ke stasiun untuk cari makan dan tunggu keberangkatan kembali ke Malaysia. Sesampainya di KL Central, langsung cari WC cuci-cuci, cari makan, cari oleh-oleh, cari tiket untuk ke LCCT. malemnya sampai di Palembang.